-->

10 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir Yang Jarang Diketahui

source:google image
Belajar ngeBlog - Siapa yang menyangka jika bayi yang baru terlahir memiliki beberapa fakta unik yang jarang diketahui bahkan oleh ibunya sendiri, diantaranya:

1. Menangis Tanpa Air Mata

Kelenjar mata bayi yang baru lahir hingga setelah beberapa minggu ternyata masih belum bekerja secara sempurna. Kelenjar air mata bayi akan bekerja bila telah berumur 2-3 bulan karena produksi air matanya saat itu telah berkembang.

2. Memiliki Tanda Lahir

Biasanya bayi yang baru lahir memiliki tanda lahir dengan presentasi 80% bayi akan memilikinya. Ini memang hal umum yang terjadi karena di bawah kulit terdapat pembuluh darah kecil yang membesar ketika proses lahiran. Namun pada umur 3 tahun bayi akan kehilangan tanda lahirnya namun ada juga yang tidak dan malah membesar. Tanda lahir tersebut memiliki ukuran, warna serta bentuk yang berbeda-beda.

3. Memiliki 300 Tulang

Tidak seperti kita yang telah dewasa ini, hanya memiliki 206 tulang. Bayi yang baru lahir memiliki lebih banyak tulang yakni 300 tulang. Tulang-tulang tersebut akan menyatu seiring bertambahnya umur. Contohnya tengkorak bayi tidak sekeras kita saat ini karena dulu hanya tempat rawan dan licin.

4. Tidak Punya Tempurung Lutut

Tempurung lutut akan tumbuh dengan sendirinya ketika bayi telah berumur 6 bulan. Namun selama belum tumbuh bayi hanya mempunyai tulang rawan di lututnya.

5. Mampu Mencium, Mendengar dan Menatap Dengan Baik

Bayi yang baru lahir mengalami rabun jauh, Ia hanya bisa melihat dengan jarak 8-12 inci karena otaknya belum bisa mengenali informasi lebih dari 12 inci. Dengan 100 miliar neuron pada otaknya, bayi mampu melihat sekelilingnya namun butuh beberapa minggu untuk membedakan mana ibunya dan orang lain. Tetapi Ia dapat mengenali suara ibunya karena Ia sering mendengarnya saat dalam kandungan.

6. Paham Lagu Yang Sering Diputar Saat Di Kandungan

Lagu yang sering dimainkan ibunya saat bayi tersebut dalam kandungannya akan dikenali dengan baik oleh bayi yang baru lahir. Jika si bayi rewel bisa putarkan lagu ini untuk menenangkannya.

7. Apapun Dimasukkan Ke Dalam Mulut

Penelitian di Prancis memperlihatkan jika salah satu cara bayi untuk bertahan hidup adalah memasukkan ke dalam mulutnya karena dipahami sebagai cara untuk bisa makan. Awalnya hanya jari-jarinya namun jika sudah bisa menggenggam maka benda lain juga akan dimasukkan ke dalam mulutnya.

8. Ereksi dan Memiliki Payudara Dialami Oleh Bayi Laki-laki

Siapa sangka jika bayi laki-laki memiliki payudara yang bengkak ketika baru lahir karena sebelumnya mendapatkan asupan gen perempuan dari plasenta ketika di kandungan.

9. Kehilangan Rambut

Rambut halus pada kulit tubuh bayi akan hilang dengan perlahan sampai akhirnya hilang semua.

10. Feses Pertama Berwarna Hitam Kehijauan

Zat lengket berwarna gelap bernama mekoniumlah yang terkandung pada feses pertama bayi pada hari kedua hidupnya. Yang nantinya berubah menjadi kuning dan padat.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

referensi:
hellosehat.com

0 Response to "10 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir Yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel