-->

Misteri Aroma Khas Pasca Hujan


Musim hujan kadang menciptakan suasana tersendiri, ada yang menikmatinya namun ada juga yang kesal terutama ketika kita harus rela basah kuyup karena harus pergi ke acara penting. Tapi di sisi lain banyak orang yang menyukai aroma khas yang biasanya muncul pasca hujan turun.

Aroma apa itu? dan bagaimana bisa terjadi?

Aroma yang biasa dirasakan itu adalah petrichor. Penyebab utama aroma itu adalah bakteri actinomycetes. Pada saat tanah dalam kondisi kering bakteri ini akan berkembang dan melepaskan spora ke dalam tanah.

Ketika hujan, spora-spora tersebut akan rusak dan sebagian molekulnya akan lepas ke udara, inilah yang membuat munculnya bau khas setelah hujan. Namun sumber aroma khas tersebut tidak berasal dari itu saja, bakteri actinomycetes juga akan melepaskan senyawa kimia ketika mereka telah mati, senyawa kimia ini dinamakan geosmin yang dikenal memiliki aroma bumi.

Senyawa tersebut akan tersimpan di dalam tanah dan ketika hujan akan terbawa naik ke udara sehingga bisa tercium manusia. Ada pula bakteri jenis lain yakni cyanomycetes yang juga mengeluarkan senyawa geosmin ini ketika mereka mati.

Selain kombinasi dari 2 senyawa di atas, ada senyawa lain yang turut berkontribusi. Yakni senyawa sejenis minyak yang dikeluarkan oleh tumbuhan dan diserap oleh bebatuan yang kemudian lepas ke udara ketika turun hujan.

Penyebab lainnya juga dipengaruhi oleh ozon, ketika terjadi halilintar senyawa pada ozon akan terpecah dan terbawa ke udara sehingga muncul efek aroma-aroma metalik  pada petrichor.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Misteri Aroma Khas Pasca Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel