-->

Waktu Terbaik Mengisi BBM

pom sukun, malang
Mungkin banyak yang mengira jika kapanpun kita membeli bahan bakar akan sama saja, namun ternyata tidak begitu. Membeli bahan bakar kendaraan berupa premium, solar, pertamax atau yang lainnya ternyata ada waktu terbaiknya.

Waktu terbaik untuk mengisi BBM adalah saat lewat tengah malam atau di pagi buta yakni sekitar jam 2 pagi karena pada saat itu sudah tidak ada panas yang tersimpan di dalam tanah. Pada pagi buta kondisi bahan bakar lebih bersih dibanding waktu lainnya. Tentu tingkat kebersihan bahan bakar akan mempengaruhi kondisi mesin.

Sebaiknya hindari membeli BBM pada saat matahari sedang terik karena pada saat itu kondisi tanah sedang panas-panasnya. Akibat panas matahari terjadi aliran konveksi pada deposit bahan bakar yang berada di dalam tangki penyimpanan.

Apa itu konveksi?

Konveksi adalah perpindahan panas melalui zat cair, untuk kasus ini zat cairnya adalah BBM. Ya, mirip dengan kondisi air mendidih di dalam panci, jika di dalam air itu terdapat zat padat atau endapan-endapan, maka endapan itu akan melayang  dan berputar-putar mengikuti perputaran panas di dalam panci.

Begitupun di tangki penyimpanan BBM dalam tanah, ketika kita mengisi BBM di siang hari kemungkinan endapan-endapan itu akan ikut tersedot ke mesin pengisian, tentu endapan ini dapat mengotori karburasi kendaraan kita. Sebaiknya juga hindari membeli BBM saat di SPBU tersebut sedang melakukan pengisian deposit karena akan terjadi hal yang sama yakni endapan-endapat itu akan berputar di dalam tangki penyimpanan.

Ya seperti kita menambahkan air teh ke dalam gelas yang sudah terisi sebelumnya, endapan teh yang lama akan berhamburan di dalam gelas tersebut.

Selain karena alasan di atas, membeli BBM di pagi hari kita akan mendapatkan densitas yang lebih tinggi. Densitas adalah tingkat kerapatan suatu zat. Jika kita membeli di siang hari tingkat densitasnya lebih rendah karena memuai terkena panas matahari artinya volume BBM yang kita dapatkan lebih sedikit.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Waktu Terbaik Mengisi BBM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel