-->

Misteri Laut Dalam


Hampir semua orang jika bermimpi pasti melihat ke atas bukan ke bawah. Begitu juga para ilmuan di luar sana yang berlomba-lomba meneliti atau mengeksplorasi luar angkasa hingga akhirnya mereka berhasil mendarat di bulan bahkan di mars. Saking terobsesinya manusia dengan langit hingga kita lupa bahwa di bawah laut sana juga tersimpan misteri yang cukup banyak.

Kita mungkin tidak sadar bahwa permukaan bumi kita 70 persennya air dan yang berhasil kita eksplorasi hanya 5 persennya saja. Perlu disadari bahwa ilmu kita tentang langit jauh lebih banyak daripada ilmu laut terutama tentang laut dalam, padahal 80 persen lautan di bumi adalah laut dalam.

Apa itu laut dalam?

Laut dalam adalah bagian laut yang tidak tersentuh sinar matahari, lebih tepatnya mulai dari 200m dari pemukaan laut. Sedangkan rata-rata kedalaman laut di bumi sekitar 4000m dan yang terdalam berada di palung Mariana yakni 11000m. Hanya 3 orang yang berhasil pergi ke palung mariana, jauh lebih sedikit dari jumlah orang yang berhasil pergi ke bulan yakni sekitar 12 orang. Ini semakin membuktikan bahwa selama ini kita memang lebih sibuk meneliti langit daripada laut.

Apa susahnya menyelam ke laut dalam?

Sangat susah, karena suasana di bawah sana cukup gelap karena tanpa sinar matahari bahkan suhunya cukup ekstrim mendekati titik beku (sekitar 1 - 4 derajat selsius), tekanannya pun terus bertambah (+14,5 PSI setiap 10 meter) sehingga dapat mampu menghancurkan kapal selam jika tidak didesain secara khusus.

Bagaimana dengan lautan Indonesia?

Dari letak dan kondisi geografisnya lautan Indonesia punya aneka keunikan. Pertama, menjadi hotspot berbagai jenis biota laut yang menginspirasi banyak ilmuan bahkan seniman untuk datang ke Indonesia. Saking uniknya ikan purba yang dikabarkan punah masih hidup di perairan Indonesia. Kedua, laut Indonesia menjadi penghubung palung-palung tropis yang akibatnya berpengaruh besar pada iklim global. Ketiga, Indonesia memiliki ribuan pulau, banyak ilmuan luar datang ke Indonesia untuk meneliti dinamika alami manusia dan lautan.

Lautan Indonesia juga menyimpan sejuta potensi, mulai dari sumber makanan, bahan obat-obatan, sumber energi baik yang sekali pakai maupun yang terbarukan. Dan karena menjadi titiktemu berbagai lempeng tektonik laut Indonesia juga bisa menjadi pusat studi, peringatan dini dan mitigasi bencana.

Bayangkan, misteri laut dalam yang berhasil kita pecahkan masih sangat sedikit, sayangnya kita masih belum sepenuhnya sadar bahwa kita punya harta terpendam jauh di bawah sana. Kalau soal SDM, negara kita punya cukup banyak ilmuan yang tidak kalah dari mancanegara. Hanya saja untuk melakukan ekspedisi bawah laut membutuhkan alat canggih yang mahal dan dana yang cukup besar.

Untuk ke depannya, semoga pemerintah Indonesia bisa lebih maksimal lagi dalam mengekplorasi kekayaan laut kita baik untuk sumber daya makanan, obat-obatan bahkan sebagai penelitian mengingat negara kita adalah negara maritim (negara dengan lautan terluas di dunia) sehingga wajib kita pelajari.

jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share karena "sharing is caring".

0 Response to "Misteri Laut Dalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel